1. memiliki peotensi fisik dan psikis yang khas
2. individu yang sedang berkembang
3. individu yang membutuhkan bantuan dan bimbingan dari orang lain
4. memiliki kemampuan mandiri
Hak dan tanggug jawab peserta didik
hak
a. mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama
b. mendapat pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat minat dan kemampuan
c. mendapat beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tua tidak mampu membiayai pendidikan
d. mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikanya
e. pindah ke program pendidikan pada jalur dan satuan pendidikan lain yang setara
tanggung jawab
1. menjag norma-norma untuk menjamin keberlangsungan pendidikan
2. ikut menanggung biaya penyelenggarakan pendidikan, kecuali bagi peserta didik yang dibebaskan dari kewjiban tersebut sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku
Label: Pendidikan
sebagai peserta didik dapat ditinjau dari 4 dimensi
1. keindividuan
2. kesosialisasian ( lemasyarakatan )
3. kesusilaan ( kesopanan)
4. Keagamaan
pengembangan peserta didik sebagai manusia :
1. mencakup keempat dimensi seutuhnya
2. hanya salah satu dimensi ( tidak seutuhnya)
Label: Pendidikan
Wujud sifat hakekat sebagai manusia
1. Kemampuan menyadari diri
2. Kemampuan berinteraksi
3. Kata hati
4. Moral
5. tanggung jawab
6. rasa kebebasan
7. kewajiban dan hak
8. kemampuan menhayati kebahagiaan
hakekat peserta didik
1. sebagai manusia peserta didik adalah makhluk monopluraris ( menyatu cipta, rasa, karsa, dan tindakan )
2. ahli psikologi dan humanistik : peserta didik adalah manusia yang mampu mengarahkan didirnya ke tujuan2 yang positif. dalam proses menjadi ( to become ) merupakan satu kesatuan yang teru-menerus. berubah tidak pernah selesai dan tidak pernah sempurna.
3.andangan agama : peserta didik adalah mahkluk ciptaan tuhan dan akan dipanggil kepada cipatanNYA.
4. Pandangan pancasila
a. monodualistik
b. monopluralistik
c. keserasian, keselarasna, dan keseimbangan.
d. integralistik