KOMPUTER UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN

on Sunday, July 26, 2009

Media Pembelajaran

Pengertian media mengarah pada sesuatu yang mengantar/meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan. Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. Robert Heinich dkk (1985:6) mengemukakan definisi medium sebagai sesuatu yang membawa informasi antara sumber (source) dan penerima (receiver) informasi. Masih dari sudut pandang yang sama, Kemp dan Dayton (1985:3), mengemukakan bahwa peran media dalam proses komunikasi adalah sebagai alat pengirim (transfer) yang mentransmisikan pesan dari pengirim (sander) kepada penerima pesan atau informasi (receiver).

Jerold Kemp (1986) mengemukakan beberapa faktor yang merupakan karakteristik dari media, antara lain :

a. kemampuan dalam menyajikan gambar (presentation)

b. faktor ukuran (size); besar atau kecil

c. faktor warna (color): hitam putih atau berwarna

d. faktor gerak: diam atau bergerak

e. faktor bahasa: tertulis atau lisan

f. faktor keterkaitan antara gambar dan suara: gambar saja, suara saja, atau gabungan antara gambar dan suara.

Selain itu, Jerold Kemp dan Diane K. Dayton (dalam Pribadi,2004:1.5) mengemukakan klasifikasi jenis media sebagai berikut :

a. media cetak

b. media yang dipamerkan (displayed media)

c. overhead transparancy

d. rekaman suara

e. slide suara dan film strip

f. presentasi multi gambar

g. video dan film

h. pembelajaran berbasis komputer

Pembelajaran Berbasis Komputer

Dalam era kemajuan teknologi di abad moderen ini, komputer merupakan sarana penunjang aktifitas manusia di dalam bekerja dan berusaha demi tercapainya hasil kerja yang optimal (efisien, efektif, dan ekonomis). Di dunia pendidikan misalnya, proses pengolahan nilai siswa, pembuatan modul pembelajaran, demonstrasi materi belajar, dan proses penerimaan siswa merupakan contoh-contoh aktifitas pendidikan yang akhir-akhir telah menggunakan teknologi komputer.

Keuntungan pembelajaran menggunakan media komputer antara lain :

1. Pembelajaran berbantuan komputer bila dirancang dengan baik, merupakan media pembelajaran yang efektif, dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran

2. Meningkatkan motivasi belajar siswa

3. Mendukung pembelajaran individual sesuai kemampuan siswa

4. Dapat digunakan sebagai penyampai balikan langsung

5. Materi dapat diulang-ulang sesuai keperluan, tanpa menimbulkan rasa jenuh


Sedangkan keterbatasan pembelajaran menggunakan media komputer adalah :

  1. Keterbatasan bentuk dialog atau komunikasi
  2. Keterseringan menggunakan komputer dapat menyebabkan ketergantungan yang berakibat kurang baik
  3. Mengurangi sikap interaksi sosial yang seharusnya merupakan bagian penting dalam pendidikan. (Krismanto, 2003 : 8)

Setting kegiatan pembelajaran dengan menggunakan komputer dibagi menjadi 2 yaitu ada yang disebut dengan Computer Based Instruction (CBI) merupakan istilah umum untuk segala kegiatan belajar yang berbasis pada komputer, baik sebagian maupun secara keseluruhan. Pembelajaran Berbasis Komputer (CBI) adalah sebuah konsep baru yang sampai saat ini banyak jenis desain dan implementasinya, tentunya dalam dunia pendidikan dan pembelajaran. Kedua adalah CAI (Computer Assisted Instruction), kemudian mengalami perbaikan menjadi ICAI (Intelligent Computer Assisted Instruction), dengan dasar orientasi aktifitas yang berbeda muncul pula CAL (Computer Assisted Learning), CBL (Computer Based Learning), CAPA (Computer Assisted Personalized Assigment), dan ITS (Intelligent Tutoring System ). CAI adalah pembelajaran dengan menggunakan alat bantu komputer, seperti untuk presentasi, sebagai alat peraga dan sebagainya.

1. Bentuk-Bentuk Penggunaan Komputer Untuk Pembelajaran

Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia). Beberapa bentuk penggunaan komputer media yang dapat digunakan dalam pembelajaran meliputi:

a). Penggunaan Multimedia Presentasi.

Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak diatas 50 orang. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector yang memiliki jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa. Program ini dapat mengakomodasi siswa yang memiliki tipe visual, auditrif maupun kinestetik

Berbagai perangkat lunak yang memungkinkan presentasi dikemas dalam bentuk multimedia yang dinamis dan sangat menarik. Perkembangan perangkat lunak tersebut didukung oleh perkembangan sejumlah perangkat keras penunjangnya. Salah satu produk yang paling banyak memberikan pengaruh dalam penyajian bahan presentasi digital saat ini adalah perkembangan monitor, chard video, sound chard serta perkembangan proyektor digital (digital image projector) yang memungkinkan bahan presentasi dapat disajikan secara digital untuk bermacam-macam kepentingan dalam berbagai kondisi dan situasi, serta ukuran ruang dan berbagai karakteristik audience. Tentu saja hal ini menyebabkan perubahan besar pada trend metode presentasi saat ini, dan dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pengolahan bahan presentasi dengan menggunakan komputer tidak hanya untuk dipresentasikan dengan menggunakan alat presentasi digital dalam bentuk Multimedia projector (seperti LCD, In-Focus dan sejenisnya), melainkan juga dapat dipresentasikan melalui peralatan proyeksi lainnya, seperti over head projector (OHP) dan film slides projector yang sudah lebih dahulu diproduksi. Sehingga lembaga atau instansi yang belum memiliki perangkat alat presentasi digital akan tetapi telah memiliki kedua alat tersebut, dapat memanfaatkan pengolahan bahan presentasi melalui komputer secara maksimal. Dalam sudut pandang proses pembelajaran, presentasi merupakan salah satu metode pembelajaran. Penggunaannya yang menempati frekuensi paling tinggi dibandingkan dengan metode lainnya. Berbagai alat yang dikembangkan, telah memberikan pengaruh yang sangat basar bukan hanya pada pengernbangan kegiatan praktis dalam kegiatan presentasi pembelajaran akan tetapi juga pada terori-teori yang mendasarinya. Perkembangan terakhir pada bidang presentasi dengan alat bantu komputer telah menyebabkan perubahan tuntutan penyelenggaraan pembelajaran. Diantaranya tuntutan terhadap peningkatan kemampuan dan keterampilan para guru dalam mengolah bahan-bahan pembelajaran ke dalam media presentasi yang berbasis komputer.

b). Multimedia Interaktif.

Secara umum Multimedia Interaktif ini disajikan dalam bentuk CD, sehingga sangat cocok pembelajaran individual. Manfaat dari Pembelajaran yang menggunakan Multimedia Interaktif antara lain :

  • Mendorong siswa belajar secara mandiri
  • Membantu siswa meningkatkan pemahaman materi
  • Membantu dan mendorong guru dalam menjelaskan hal-hal yang sulit digambarkan dengan kata-kata.

Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multi media terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi sound, animasi, video, teks dan grafis.

Beberapa model multimedia interaktif berbasis komputer yaitu :

􀂃 Model Drill: Model drills dalam CBI pada dasarnya merupakan salah satu starategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya. Biasanya dalam bentuk latihan soal-soal.

􀂃 Model Tutorial: Program CBI tutorial dalam merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang berisi tujuan, materi pelajaran dan evaluasi pembelajaran. Metode Tutorial dalam CBI pola dasarnya mengikuti pengajaran Berprograma tipe Branching dimana informasi/mata pelajaran disajikan dalam unit-unit kecil, lalu disusul dengan pertanyaan dan respon jawaban dari komputer.

􀂃 Model Simulasi: Model simulasi dalam CBI pada dasarnya merupakan salah satu starategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan simulasi-simulasi dalam bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.

􀂃 Model Games: model permainan ini dikembangkan berdasarkan atas “pembelajaran yang menyenangkan”, dimana peserta didik akan dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan. Dalam konteks pembelajaran sering disebut dengan Instructional Games

2. Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran

Internet, singkatan dari interconection and networking, adalah jaringan informasi global, yaitu “ the largest global network of computers, that enables people throughout the world to connect with each other¨. Internet diluncurkan pertama kali oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962.

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri. Para siswa dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistik. Informasi yang diberikan server-computers itu dapat berasal dari commercial businesses (.com), goverment services (.gov), nonprofit organizations (.org), educational institutions (.edu), atau artistic and cultural groups (.arts).

Siswa dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analis, tidak hanya konsumen informasi saja. Mereka menganalisis informasi yang relevan dengan pembelajaran dan melakukan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya (real life) Siswa dan guru tidak perlu hadir secara fisik di kelas (classroom meeting), karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online. Siswa juga dapat belajar bekerjasama (collaborative) satu sama lain. Mereka dapat saling berkirim e-mail (electronic mail) untuk mendiskusikan bahan ajar Kemudian, selain mengerjakan tugas-tugas pembelajaran dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru siswa dapat berkomunikasi dengan teman sekelasnya (classmates).

Pembelajaran melalui internet di SMK dapat diberikan dalam beberapa format di antaranya : (1) Electronic mail (2) Bulletin boards/newsgroups for discussion of special group, (3) Downloading of course materials or tutorials, (4) Interactive tutorials on the Web, dan (5) Real time, interactive conferencing using MOO (Multiuser Object Oriented) systems or Internet Relay Chat.

Setelah bahan pembelajaran elektronik dikemas dan dimasukkan ke dalam jaringan sehingga dapat diakses melalui internet, maka kegiatan berikutnya yang perlu dilakukan adalah mensosialisasikan ketersediaan program pembelajaran tersebut agar dapat diketahui oleh masyarakat luas khususnya para calon peserta didik. Para guru juga perlu diberikan pelatihan agar mereka mampu mengelola dengan baik penyelenggaraan kegiatan pembelajaran melalui intenet. Karakteristik/potensi internet sebagaimana yang telah diuraikan di atas tentunya masih dapat diperkaya lagi dengan yang lainnya. Namun, setidak-tidaknya ketiga karakteristik/potensi internet tersebut dipandang sudah memadai sebagai dasar pertimbangan untuk penyelenggaraan kegiatan pembelajaran melalui internet.

MATA KULIAH EVALUASI PENDIDIKAN

Materi Ajar: Gambar Teknik

Soal Tes Bentuk Objektif

1. Apabila akan dibuat suatu benda kerja di dalam industri permesinan, maka pemesan atau perencana cukup memberikan gambar kerja pada pelaksana atau teknisi, tidak perlu membawa contoh benda aslinya yang akan dibuat. Hal ini merupakan fungsi gambar teknik sebagai ....

  1. bahasa teknik *
  2. penyimpanan informasi
  3. instruksi bengkel
  4. instruksi mesin

2. Tujuan gambar kerja selain sebagai internasionalisasi gambar, perumusan gambar, mempopulerkan gambar adalah ....

  1. penyederhanaan gambar *
  2. kapasitas gambar
  3. ide gambar
  4. instruksi mesin

3. Kertas gambar yang digunakan pada gambar teknik, menurut ISO distandarkan dengan ISO ....

  1. ISO 230
  2. ISO 216 *
  3. ISO 9001
  4. ISO 250

4. Alat-alat yang tidak dipakai dalam gambar teknik mesin antara lain ....

  1. pensil, pena atau rapido
  2. macam-macam mistar (mistar segitiga dan mistar T)
  3. mal huruf dan angka
  4. silet *

5. Sesuai dengan tujuan gambar ada bermacam-macam kertas gambar biasa dipakai, kecuali ....

  1. kertas putih biasa
  2. kertas kalkir
  3. film
  4. kertas foto *

6. Macam-macam pensil menurut tingkat kekerasannya dibedakan menjadi ....

a. H, HB, B

b. H, HB, B, F *

c. H, HB, B, Mekanik

d. H, HB, B, Rapido

7. Gambar juga perlu disimpan dan diawetkan sebagai data/informasi untuk rencana-rencana baru. Penyimpanan ini dapat dilakukan dengan, kecuali ....

a. diurutkan sesuai dengan pengelompokannya, kemudian dibendel dalam satu file

b. difoto diperkecil dan klisenya disimpan pada kartu berlubang

c. disimpan/diawetkan dalam suatu disket, flasdisk, CD, dan hard disk

d. dicetak dalam bentuk hardcopy *

8. Secara umum garis yang digunakan dalam gambar mesin dapat terbagi menjadi bagian, keculai ....

a. garis kontinyu

b. garis pendek-pendek dengan jerak antara

c. garis gores panjang dengan titik diantaranya

d. garis dimensi *

9. Ciri-ciri yang perlu dari huruf dan angka pada gambar teknik, kecuai ....

a. Jelas

b. Dapat dibuat microfilm atau lain cara reproduksi

c. Seragam

d. Menarik *

10. Proyeksi gambar dimana diagonal suatu benda digambar tegak lurus pada bidang vertikal atau pada bidang proyeksi disebut dengan proyeksi ....

a. proyeksi dimetri

b. proyeksi isometri *

c. proyeksi trimetri

d. proyeksi miring

11. Proyeksi Amerika yang digunakan pada gambar teknik disebut juga dengan proyeksi ....

a. Proyeksi kwadran satu

b. Proyeksi kwadran dua

c. Proyeksi kwadran tiga *

d. Proyeksi kwadran empat

12. Berikut yang merupakan lambang dari proyeksi Eropa adalah ....


a. c.


b. d.

13. Pemilihan pandangan depan pada gambar teknik dilakukan dengan pertimbangan ....

  1. mempunyai bentuk yang banyak mengandung informasi *
  2. mempunyai bentuk yang sederhana
  3. mempunyai bentuk yang menarik
  4. mudah digambar

14. Benda-benda yang mempunyai bagian dengan permukaan miring, dan yang tidak dapat terlihat bentuk yang sebenarnya pada pandangan ortogonal dapat digambar dengan pandangan ....

  1. pandangan samping
  2. pandangan tambahan *
  3. pandangan sebagian
  4. pandangan detail

15. Pandangan pada gambar teknik yang menunjukkan bagian yang kecil dari suatu benda dengan skala perbesaran tertentu adalah pandangan ....

  1. pandangan samping
  2. pandangan khusus
  3. pandangan sebagian
  4. pandangan detail *

16. Fungsi dari gambar potongan adalah ....

  1. mengetahui bagian dalam benda *
  2. memberi variasi bantuk pandangan
  3. menunjukkan gambar bagian
  4. mengetahui cara pembuatan

17. Gambar potongan yang digambar setengah dari gambar pandangan pada bagian-bagian yang simetrik disebut dengan potongan ....

  1. potongan penuh
  2. potingan setempat
  3. potongan setengah *
  4. potongan putar

18. Bagian benda yang tidak boleh dipotong dalam aturan gambar teknik, kecuali ....

  1. poros
  2. pasak
  3. sirip dan baut
  4. roda gigi *

19. Beberapa prinsip penggunaan gambar potongan adalah, kecuali ....

  1. digunakan untuk memperjelas informasi gambar
  2. elemen yangtidak boleh dipotong dapat digambar dengan potongan setempat
  3. gambar potongan tidak hanya menunjukkan bagian yang dipotong saja
  4. gambar potongan harus ada disetiap gambar teknik *

20. Yang bukan merupakan fungsi dari toleransi ukuran adalah ....

  1. menunjukkan penyimpangan yang diijinkan
  2. menentukan cara pengerjaan benda *
  3. memudahkan pembuatan
  4. pertimbangan proses perakitan

Tes Bentuk Uraian

1. Sebutkan fungsi dari gambar kerja?

Jawab: 1. penyempaian informasi

2. pengawetan, penyampaian dan penggunaan keterangan

3. cara pemikiran dalam penyiapan informasi

2. Jelaskan maksud dari tujuan internasionalisasasi gambar!

Jawab: Bersamaan dengan meluasnya dunia industri, keperluan standar internasional dan standar nasional sangat diperlukan agar fungsi gambar sebagai bahasa teknik dapat digunakan di berbagai negara

3. Sebutkan penggunaan garis tipis kontinyu pada gambar kerja!

Jawab: 1. garis berpotongan khayal

2. garis ukur

3. garis bantu/ proyeksi

4. garis petunjuk

5. garis arsir

4. jelaskan maksud dari dimensi di bawah ini!


Jawab: a. Penyimpangan ukuran yang diijinkan pada pengerjaan dengan mesin tanpa penentuan toleransi.

b. Ukuran toleransi untuk bentuk dan posisi

c. Ukuran tanpa toleransi, biasanya hanya dipakai sebagai bahan informsi (ukuran bantu)

d. Ukuran dengan toleransi linear